Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Sri Mulyani Siapkan Rp20 Triliun untuk THR 2019

Ekonomi tunjangan hari raya kementerian keuangan
Eko Nordiansyah • 08 Mei 2019 14:10
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, dana yang disiapkan untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 bagi para pegawai negeri sipil (PNS) sebesar Rp20 triliun. Jumlah ini naik dari tahun lalu sebesar Rp17,9 triliun.
 
Saat ini Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tengah disiapkan setelah Peraturan Pemerintah (PP) yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Adanya PMK ini akan mengatur teknis pencairan THR yang akan diterima para PNS tahun ini.
 
"Untuk anggarannya total Rp20 triliun untuk THR dan nanti untuk gaji ke-13 baru kita bayarkan pada pertengahan tahun," kata dia di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya memastikan PMK akan diselesaikan hari ini. Setelah seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah sudah bisa mulai melakukan proses untuk pengajuannya.
 
"Jadi THR tanggal 24 (Mei) Insyaallah sudah bisa akan kita laksanakan sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan. Dan nanti untuk gaji ke-13 pada bulan selanjutnya," ungkapnya.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Marwanto Harjowiryono menyebut, besaran anggaran THR sesuai dengan gaji yang diterima PNS pada Juni. Untuk itu, anggaran gaji ke-13 tidak akan jauh berbeda dari THR.
 
"Besarannya itu sama dengan gaji yang diterima di Juni, jadi terakhir. Oleh sebab itu, ini sekarang semua satker sedang mempersiapkan gaji Juni sekaligus nanti digunakan sebagai bahan untuk penyusunan THR," jelas dia.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif