Wakil Ketua Kadin bidang UKM dan Koperasi Sandiaga Uno. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah0
Wakil Ketua Kadin bidang UKM dan Koperasi Sandiaga Uno. (FOTO: MTVN/Eko Nordiansyah0

Kadin Dukung 100% Investasi Asing di Industri Perfilman

Ekonomi daftar negatif investasi
Eko Nordiansyah • 11 Februari 2016 17:41
medcom.id, Jakarta: Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyetujui rencana pemerintah untuk membuka investasi asing bagi industri perfilman. Bahkan, setelah berbicara dengan Asosiasi Perfilman Indonesia, mereka menyepakati asing diperbolehkan membuka bioskop di Indonesia.
 
Wakil Ketua Kadin bidang UKM dan Koperasi Sandiaga Uno mengatakan, saat ini banyak judul film yang dibuat namun, pangsa pasar di dalam negeri justru mengalami penurunan. Sehingga, investasi asing di sektor perfilman diharapkan mendorong kenaikan pangsa pasar tersebut.
 
"Asosiasi bidang perfilman kasih sinyal setuju (asing bangun bioskop). Karena sudah ada 200 judul film di Indonesia tahun lalu tapi pangsa pasar baru (tujuh persen)," ujar Sandiaga, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (11/2/2016).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, pembukaan keran bagi masuknya investasi asing juga akan menggiatkan pekerja di industri perfilman nasional. Hal ini tentunya akan meningkatkan penyerapan tenaga kerja di sektor tersebut.
 
Sedangkan untuk sektor usaha spa dan kuliner, lanjut Sandiaga, masih akan dipertimbangkan. Menurut dia, kedua sektor tersebut masih memiliki peluang bagi pemain lokal untuk tumbuh lebih jauh.
 
"Mencabut Daftar Negatif Investasi (DNI) akan mendorong modal masuk, berkarya lokal talent bangsa sendiri untuk industri perfilman. Tapi kalau untuk sektor Spa dan Kuliner menunjukan nasionalisme kita," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif