Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - - Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah

BI: Cabai Rawit Segar Dorong Inflasi Juli

Ekonomi inflasi bank indonesia
Ilham wibowo • 26 Juli 2019 15:51
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi inflasi pada Juli 2019 bakal didorong oleh komoditas sayuran segar. Nilai inflasi diprediksi berada pada angka 0,23 persen month to month.
 
"Inflasi sesuai survei pemantauan harga minggu keempat kami perkirakan Juli 2019 sebesar 0,23 persen mom dan 3,23 persen yoy," kata Gubernur BI Perry Warjiyo ditemui di kompleks perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat, 26 Juli 2019.
 
Nilai inflasi tersebut dinilai masih amam dengan kenaikan harga sejumlah komoditas pangan yang dikendalikan. Secara kumulatif Januari-Juli 2019 nilai inflasi masih di bawah target pemerintah sebesar 3,5 persen pada akhir 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Perry inflasi pada Juli 2019 cukup besar disumbang satu komoditas sayuran segar yakni cabai rawit. Bahkan, kenaikan harga cabai rawit nilainya hampir separuh dari total inflasi Juli.
 
"Penyumbang terbesar inflasi komoditas cabe rawit 0,12 persen, itu separuhnya inflasi Juli," paparnya.
 
Inflasi pada komoditas cabai rawit dipengaruhi faktor musiman. Menurut Perry, panen komoditas penyedap rasa itu berada di luar jadwal dan pola konsumsi masyarakat.
 
"Masyarakat harus mulai biaskan tidak harus fresh, sudah mulai (konsumsi) cabe pasta, cabe kering, itu enak tetap pedas," ujarnya.
 

(Des)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif