Jurus Perry Bawa BI Dukung Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi

Eko Nordiansyah 24 Mei 2018 15:29 WIB
ekonomi indonesia
Jurus Perry Bawa BI Dukung Stabilitas dan Pertumbuhan Ekonomi
Gubernur BI Perry Warjiyo. ANT/Sigid Kurniawan.
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo akan membawa bank sentral yang pro-stabilitas dan pro-pertumbuhan. Perry akan berusaha menjaga stabilitas dengan tetap mendukung pertumbuhan ekonomi.

"Bagaimana menjalankan itu? BI punya lima instrumen. Pertama kami prioritaskan menjaga stabilitas yaitu dengan kebijakan moneter," kata dia usai pelantikan di Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Mei 2018.

Selain itu, BI juga punya empat instrumen lain yang diharapkan bisa menjaga stabilitas serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah dengan merelaksasi kebijakan makroprudensial yang berkaitan dengan pembiayaan sektor perumahan.

"Kami akan merelaksasi kebijakan makroprudensial, yang secara khusus  ??mendorong sektor perumahan. Dengan mendorong sektor perumahan Insyaallah pertumbuhan ekonomi akan terdorong," jelas dia.

Selanjutnya bank sentral akan mendorong pendalaman pasar keuangan, khususnya untuk pembiayaan infrastruktur. Dalam hal ini BI akan berkoordinasi dengan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penerbitan obligasi bagi pembiayaan infrastruktur.

Sebagai pengawas sistem pembayaran dirinya menambahkan BI juga akan mendukung strategi nasional ekonomi digital. Lagkah ini meliputi sistem pembayaran dalam Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan transaksi nontunai lainnya maupun financial technology (fintech).

"Terakhir kami akan memperkuat akselerasi ekonomi dan keuangan syariah, baik industri halal Indonesia, sektor keuangan syariah, maupun pengembangan riset dan edukasi. Termasuk bagaimana kampanye gaya hidup halal," pungkas dia.

 



(SAW)