Ilustrasi kartu prakerja. Foto: Istimewa
Ilustrasi kartu prakerja. Foto: Istimewa

Gelombang IV Ditutup, Lebih dari 1,2 Juta Orang Daftar Kartu Prakerja

Ekonomi Kartu Prakerja
Eko Nordiansyah • 13 Agustus 2020 10:14
Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran peserta Kartu Prakerja Gelombang IV ditutup pada Rabu, 12 Agustus 2020, pukul 24.00 WIB. Hingga saat ini, jumlah pendaftar tercatat lebih dari 1,2 juta orang dari seluruh provinsi.
 
"Termasuk mereka yang diusulkan oleh Kemenaker/BPJS Ketenagakerjaan. Kuota penerima Kartu Prakerja Gelombang IV adalah 800 ribu orang," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan resminya, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Louisa menambahkan, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada mereka yang menerima kartu prakerja di gelombang IV ini pada Minggu, 16 Agustus 2020. Sementara gelombang selanjutnya akan otomatis dibuka sehari sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja juga menyampaikan bahwa pendaftaran Gelombang V akan dibuka pada Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB. Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar di Gelombang V," jelas dia.
 
Pada gelombang I hingga III tercatat ada sekitar 680 ribu peserta kartu prakerja. Para peserta yang sudah diterima ini diwajibkan untuk menyelesaikan satu pelatihan agar bisa mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan.
 
Adapun pembukaan kembali gelombang IV kartu prakerja dilakukan setelah Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.
 
Kemudian pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 sebagai aturan pelaksana program kartu prakerja ini. Terdapat sejumlah perubahan ketentuan dalam Permenko 11/2020 ini.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif