Ilustrasi. Foto: Kementerian PUPR
Ilustrasi. Foto: Kementerian PUPR

Menteri PPN Jamin Pembangunan IKN Tak akan Merugikan Anak Cucu

Ekonomi Bappenas apbn Ibu Kota Baru
Eko Nordiansyah • 18 Januari 2022 16:08
Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru tidak akan membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan begitu, ia menjamin proyek ini tidak akan merugikan bagi anak cucu ke depannya.
 
"Ini tidak merugikan anak cucu kita dan saya berani menolak isu APBN akan dibebani dalam membangun ibu kota baru, dan kita memperhitungkan dengan telaten,"  kata dia dalam konferensi pers, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Dalam skema pembiayaan yang sudah disiapkan oleh pemerintah, Suharso menyebut, pemerintah akan memaksimalkan seluruh skema yang memungkinkan, termasuk memaksimalkan kekayaan negara. Selain itu, ia menjanjikan tidak akan ada pembiayaan utang jangka panjang selama pembangunan IKN di Kalimantan Timur tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah akan mengikuti bisnis model dan financial model yang tidak merugikan, kita akan memaksimalkan kekayaan negara. Justru untuk membuat kita menjadi lebih punya aset yang lebih banyak lagi. Kita juga akan menghindari pembiayaan-pembiayaan utang jangka panjang, kita akan hindari itu," ungkapnya.
 
Untuk tahun ini, ia mengungkapkan, anggaran pembangunan IKN merupakan kelanjutan dari proyek yang sudah dijalankan sejak tahun lalu. Suharso mengatakan, pemerintah sebelumnya telah membangun infrastruktur dasar sebagai modal awal pembangunan IKN yang akan berlokasi di wilayah Penajam Paser Utara.
 
"Itu memang dihitung untuk di APBN 2022 itu sebenarnya anggaran yang menyangkut keberlanjutan dari pembangunan yang sudah kita mulai dari 2021, misal bendungan di Sepaku, jalan akses, jalan logistik yang sedang dibangun," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif