Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Sri Mulyani Pamer Potensi Ekonomi RI di Depan Pengusaha AS

Ekonomi indonesia-as ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 21 November 2019 13:04
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan besarnya potensi ekonomi Indonesia untuk tumbuh di masa mendatang. Meski dihadapkan pada tantangan perekonomian global yang tidak mudah, ekonomi Indonesia tetap bisa bertahan dengan cukup baik.
 
Dalam US-Indonesia Investment Summit 2019, Sri Mulyani menyebutkan Indonesia memang terdampak perlambatan ekonomi dunia. Namun sebagai negara besar dan populasi penduduk yang besar, ekonomi Indonesia masih bisa tumbuh lebih besar lagi.
 
"Indonesia masih memiliki potensi yang sangat besar. Dan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, kami menyadari potensi ini menjadi kekuatan ekonomi nyata," kata dia di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Kamis, 21 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah krisis keuangan global pada 2008-2009 dan perlambatan ekonomi dalam dua tahun terakhir, ekonomi Indonesia tumbuh cukup baik. Hal ini, kata Sri Mulyani, tak lepas dari kebijakan ekonomi yang bijaksana tetapi juga tetap fleksibel dan pragmatis.
 
"Koordinasi dengan Bank Indonesia dan lembaga keuangan, kami mencoba memastikan stabilitas ekonomi dapat dipelihara dengan lebih baik, di lingkungan global yang sangat dinamis dan ambisius," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, kombinasi kebijakan ini membantu pemerintah mengatasi tantangan jangka panjang yang mungkin muncul. Saat yang sama, pemerintah juga menciptakan upaya berkelanjutan untuk memperbaiki dan menarik investasi.
 
"Dengan credit rating kami telah positif dan kami juga akan memberikan sinyal bagaimana prinsip dasar makro ekonomi kami tetap kuat, dan dapat mendukung masalah struktural fundamental lainnya yang masih perlu ditangani," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif