Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Medcom.id/Husen Mitahudin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (FOTO: Medcom.id/Husen Mitahudin)

Imbas Perang Dagang, Indonesia Jadi Negara Paling Diincar Investor

Ekonomi ekonomi indonesia as-tiongkok Perang dagang
Husen Miftahudin • 12 Juni 2019 16:15
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyebut peningkatan sentimen perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang paling diincar penanam modal asing. Indonesia dinilai sebagai negara yang memiliki zona aman investasi.
 
"Bagi Indonesia sebetulnya (perang dagang AS-Tiongkok) zero sum game, tidak ada yang diuntungkan. Tetapi kita punya peluang bahwa dengan adanya trade war ini orang melihat negara yang punya zona aman," ujar Airlangga usai acara Halalbihalal di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Selama 20 tahun, jelas Airlangga, Indonesia masuk ke dalam negara zona aman investasi. Terlebih kondisi geopolitik yang stabil membuat Indonesia semakin diincar penanam modal asing.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan Indonesia itu negara demokrasi yang cukup solid, sehingga ini tentu menjadi bagian yang sangat menarik," tegas dia.
 
Di sisi lain, Indonesia juga dinilai sebagai negara yang banyak mengalir investasi di bidang ekononomi digital. Hal ini sejalan dengan arah proyeksi perekonomian global‎ dalam beberapa tahun ke depan.
 
Bahkan, pada acara Nikkei Forum di Tokyo pada dua pekan lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut industri teknologi dan digitalisasi akan semakin kuat untuk menopang pertumbuhan ekonomi ke depan.
 
"Mereka melihat Asia Tenggara terutama Indonesia menjadi ground untuk (pengembangan dan investasi) digital ekonomi," pungkas Airlangga.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif