Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP

Tanda Pemulihan Muncul, Sri Mulyani Berharap Ekonomi Positif di 2021

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Sri Mulyani Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 24 Oktober 2020 14:25
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut tanda pemulihan ekonomi nasional mulai muncul. Hal ini mengindikasikan perbaikan ekonomi ke tingkat yang positif pada 2021.
 
"Akibat pandemi ini, pemerintah telah melakukan berbagai ikhtiar di dalam rangka mengurangi dampak negatif baik ke sisi kesahatan, sosial maupun perekonomian," katanya dalam webinar di Jakarta, Sabtu, 24 Oktober 2020.
 
Walau ekonomi diperkirakan masih akan tumbuh negatif di kuartal III, namun kontraksi yang terjadi akan lebih rendah dari kuartal sebelumnya. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan berbagai kebijakan serta stimulus ekonomi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perekonomian kita masih tertekan meski sudah terlihat tanda-tanda pemulihan yang harus terus kita jaga. Penurunan outlook perekonomian Indonesia akibat covid ini akan terus diminimalkan melalui berbagai instrumen-instrumen pemerintah," ungkapnya.

 
"Kita akan berupa agar momentum pemulihan akan berjalan pada 2021 sehingga ekonomi kembali tumbuh positif di dalam rangka memperbaiki kesejahteraan masyarakat kembali dan mengurangi kemiskinan serta ketimpangan," lanjut dia.
 
Sri Mulyani sebelumnya memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 antara minus 2,9 persen sampai minus satu persen. Untuk tahun ini, ekonomi diprediksi terkontraksi di kisaran minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen.
 
Sementara untuk tahun depan, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi akan kembali positif. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021, pertumbuhan ekonomi ditargetkan tumbuh lima persen.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif