Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA

'Terjangkit' Covid-19, Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Minus 2% di 2020

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Virus Korona Ekonomi Indonesia Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 29 September 2020 10:05
Jakarta: Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi pada tahun ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mengalami kontraksi antara minus 1,6 persen sampai minus dua persen di 2020.
 
Proyeksi ini lebih rendah dari perkiraan Bank Dunia sebelumnya. Pada Juli 2020, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak tumbuh alias nol persen pada tahun ini.
 
Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo mengatakan perlambatan ekonomi ini tak lepas akibat pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia. Pandemi juga menyebabkan aktivitas ekonomi jauh melambat dibandingkan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Covid-19 akan mengakibatkan dampak berkepanjangan pada angka pertumbuhan inklusif untuk jangka yang lebih panjang dengan mencederai investasi, modal manusia, dan produktivitas," kata dia, dalam video conference di Jakarta, Selasa, 29 September 2020.
 
Untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, Bank Dunia memperkirakan kegiatan perekonomian domestik mulai bangkit di beberapa negara yang telah membatasi penyebaran virus. Akan tetapi perekonomian di kawasan ini sangat bergantung kepada seluruh bagian lain di dunia, dan permintaan di tingkat global masih tetap lemah.
 
Kawasan ini secara keseluruhan diharapkan mengalami pertumbuhan hanya sebesar 0,9 persen pada 2020, terendah sejak 1967. Sementara Tiongkok diprediksi akan mengalami pertumbuhan sebesar dua persen pada tahun ini, sedangkan negara-negara lain di kawasan Asia Timur dan Pasifik diproyeksikan mengalami kontraksi sebesar 3,5 persen.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif