Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Medcom/ Desi Angriani

Sri Mulyani Minta Perguruan Tinggi Dukung Upaya RI Jadi Negara Maju

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Virus Korona Sri Mulyani Perguruan Tinggi
Eko Nordiansyah • 10 September 2020 17:04
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta perguruan tinggi untuk ikut serta dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maju. Apalagi perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam mencetak generasi penerus bangsa.

"Untuk bisa menjadi negara maju, maka kualitas sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, teknologi dan inovasi menjadi salah satu faktor yang sangat-sangat penting," kata dia saat memberikan sambutan mahasiswa baru/temu awal Institut Teknologi Bandung TA 2020/2021, Kamis, 10 September 2020.
 
Ia berharap kehadiran ITB bersama perguruan tinggi di Indonesia lainnya dapat menjadi pilar dalam menangani tantangan covid-19 sekaligus menyusun strategi agar Indonesia keluar dari status middle income trap.
 
"Kita siap untuk berkolaborasi dengan ITB dan seluruh elemen masyarakat dalam menangani covid-19 dan terus berikhtiar dalam membangun kapasitas di ilmu pengetahuan, teknologi inovasi, dan untuk terus membangun SDM Indonesia serta infrastruktur dalam mencapai cita-cita kita bernegara," ungkapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menambahkan, pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memang memerlukan partisipasi dari seluruh masyarakat. Oleh karena itu, keberhasilannya tidak hanya bisa dicapai hanya dengan kebijakan pemerintah.
 
Namun demikian, pemerintah menjamin bahwa seluruh instrumen kebijakan termasuk anggaran akan digunakan untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi. Di samping itu, pemerintah ingin momentum pandemi dimanfaatkan untuk mencapai cita-cita menjadi negara maju pada 2045 mendatang.
 
"Kita akan terus berikhtiar dalam meningkatkan kualitas SDM dan teknologi. Tidak hanya untuk memulihkan ekonominya saja tapi terus berjalan, berlari menuju pada cita-cita menciptakan kemakmuran, keadilan, dan bermartabat dari bangsa Indonesia," pungkas dia.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif