Yan Budi Nugroho, guru honorer asal Kabupaten Purworejo - - Foto: Istimewa
Yan Budi Nugroho, guru honorer asal Kabupaten Purworejo - - Foto: Istimewa

Yes! 1,8 Juta Guru Honorer Bakal Dapat Subsidi Upah

Ekonomi Guru Honorer Bantuan Langsung Tunai Stimulus Ekonomi Imbas Korona Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 18 September 2020 20:06
Jakarta: Pemerintah kembali menambah jumlah penerima subsidi upah. Kali ini sebanyak 1,8 juta guru honorer juga akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) layaknya para pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta.
 
"Ada program (subsidi gaji) untuk guru honorer 1,8 juta yang nanti dilaksanakan melalui Kemendikbud," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam videoconferencedi Jakarta, Jumat, 18 September 2020.
 
Airlangga menjelaskan program untuk guru honorer ini serupa dengan nominal yang diterima oleh karyawan. Artinya para guru honorer akan mendapatkan subsidi sebesar Rp600 ribu per orang per bulan selama empat bulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan kebijakan sama dengan subsidi gaji. Selama ini sudah ada 300 ribu (pekerja honorer yang mendapatkan subsidi gaji) melalui BPJamsostek," ungkapnya.
 
Hingga 14 September kemarin, realisasi subsidi gaji telah mencapai Rp6,6 triliun dari total anggaran untuk program ini sebesar Rp37,8 triliun. Rencananya bantuan akan diterima oleh 15,7 juta pekerja yang telah terdaftar dalam BPJamsostek.
 
Sementara dari jumlah yang telah terealisasi, subsidi gaji telah disalurkan kepada 398.637 pegawai honorer di sektor pendidikan. Tenaga honorer pendidik yang mendapatkan subsidi gaji adalah mereka yang terdaftar sebagai peserta BPJamsostek.
 
"Saat ini data terkait guru honorer akan terus diverifikasi. Semoga jumlahnya dapat bertambah lagi," ujar Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (Satgas PEN) Budi Gunadi Sadikin dalam videoconferencedi Jakarta, Rabu, 16 September 2020.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif