Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)

The Fed Bisa Turunkan Bunga Jika Perang Dagang Berkepanjangan

Ekonomi the fed Perang dagang
Eko Nordiansyah • 05 Juli 2019 15:30
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyebut bank sentral Amerika Serikat (AS), the Fed, berpeluang menurunkan suku bunganya pada tahun ini. Apalagi jika perang dagang antara AS dengan Tiongkok tidak kunjung usai alias berkepanjangan.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan perang dagang akan membuat ekonomi AS melambat. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan bagi the Fed untuk menurunkan suku bunganya pada tahun ini, dan dilanjutkan pada tahun depan.
 
"Kalau terjadi pro-long trade war, ekonomi AS turun, kemungkinan Fed bisa juga tahun ini bisa turunkan sekali 25 basis poin (bps), tahun depan bisa dua kali," kata dia di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BI sebelumnya memperkirakan the Fed akan menurunkan suku bunganya sebesar 25 bps pada tahun depan. Namun semua ini bergantung pada apakah perkembangan perang dagang antara AS dan Tiongkok menghasilkan kesepakatan yang positif.
 
"Kalau pro long (perang dagang), Fed akan reaksinya akan lebih dovish untuk mendorong penciptaan tenaga kerja. Kan mandatnya (the Fed) stabilitas harga dan tenaga kerja," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan BI akan melihat perkembangan perang dagang dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) mendatang. Perang dagang dinilai akan membuat pertumbuhan ekonomi AS dan Tiongkok melambat, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi dunia.
 
"Apakah baseline skenario tidak lagi terjadi perluasan sehingga ini pertumbuhan ekonomi dunia 3,3 persen, tahun ini 3,4 persen tahun depan, atau ya enggak tahu itu sesuatu yang sulit untuk kita. Ini hal-hal yang akan kita lihat dalam rapat-rapat RDG yang akan datang," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif