Legislator Ingin Kinerja Perpajakan Membaik
Pajak. Dok: MI.
Jakarta: Anggota Komisi XI DPR Indah Kurnia memberikan dukungan kepada berbagai lembaga negara terkait terutama Kementerian Keuangan agar dapat mengoptimalkan kinerja perpajakan yang esensial dalam membangun bangsa.

"Saya percaya pajak sebagai alat yang efektif dalam membangun negeri," kata Indah Kurnia dikutip dari Antara, Minggu, 22 Juli 2018.

Menurut Indah, pada saat ini juga Kementerian Keuangan tengah melakukan efisiensi dan optimaliasi dari penerimaan negara. Politikus PDIP itu juga percaya terhadap upaya yang dilakukan oleh instansi terkait tersebut untuk bekerja dengan sungguh-sungguh.

"Berikan kesempatan mereka bekerja," katanya.

Jika kinerja aparat perpajakan cukup baik, lanjutnya, maka potensi penerimaan pajak juga besar.

Ia juga mengingatkan kepada berbagai pihak agar juga bisa mewujudkan iklim usaha yang kondusif serta kepatuhan pajak yang baik.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan peningkatan aktivitas ekonomi dan kepatuhan Wajib Pajak pada semester I-2018 ikut menyumbang pertumbuhan penerimaan perpajakan dalam periode ini.

"Penerimaan perpajakan semester I tumbuh 14,3 persen, karena meningkatnya aktivitas ekonomi dan kepatuhan Wajib Pajak telah berdampak positif," ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran, Jakarta, Selasa, 17 Juli lalu.

Sri Mulyani menjelaskan penerimaan perpajakan pada semester I-2018 telah mencapai Rp653,5 triliun yang terdiri atas penerimaan pajak nonmigas Rp551,5 triliun, kepabeanan dan cukai Rp72 triliun dan Pajak Penghasilan dari Migas Rp30,1 triliun.

Peningkatan aktivitas ekonomi terlihat dari membaiknya penerimaan PPh nonmigas yang telah mencapai Rp329,3 triliun, Pajak Pertambahan Nilai Rp218,1 triliun, Pajak Bumi dan Bangunan Rp0,3 triliun dan pajak lainnya Rp3,7 triliun.

"Capaian pajak nonmigas pada semester I meningkat secara signifikan, terutama kontribusi PPh Orang Pribadi dan PPh Badan yang masing-masing tumbuh 20,1 persen dan 23,3 persen," ujar Sri Mulyani.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id