BI Harap Pertumbuhan Ekonomi Terus Menguat di 2018
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia di sepanjang 2018 terus menguat. BI yakin dan hal itu didasari dari pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2018 yang terus menguat dibandingkan dengan kuartal I-2018.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan banyak survei yang telah dirilis menyatakan kegiatan ekonomi Indonesia terus membaik. Adapun survei dimaksud seperti survei dunia usaha, survei penjualan eceran, survei indeks produsen, dan survei konsumen.

"Semua survei itu menunjukan bahwa kegiatan ekonomi di triwulan II-2018 membaik," kata Perry, di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018.

Berdasarkan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) II pada triwulan II, Perry mengatakan, menunjukan peningkatan dibandingkan dengan triwulan I. Survei SKDU di triwulan II naik dari 8,2 persen menjadi 20,9 persen.

"Ini menunjukan kegiatan dunia usaha meningkat, terutama ini berada di industri pengolahan di samping sektor lain. Sehingga itu memperkuat kenapa di triwulan II itu pertumbuhan ekonomi akan lebih baik dari triwulan I," imbuh Perry.

Selain itu, masih kata Perry, survei penjualan eceran pada Mei naik sebanyak 8,3 persen dibandingkan dengan April 4,1 persen. Diprediksi pada Juni akan lebih tinggi lagi karena aktivitas perekonomian saat Ramadan yang tinggi. Kemudian kapasitas produksi juga diprediksi naik.

Berdasarkan SKDU triwulan II, pemanfaatan kapasitas produksi mencapai 78 persen atau lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan I yang mencapai 76 persen.  "Ini menunjukan kegiatan ekonomi kita baik Konsumsi dari sisi penjualan, produksi, maupun investasi itu juga naik," tutup dia.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id