Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

BI Optimistis Inflasi 2019 Terjaga

Ekonomi inflasi bank indonesia
Husen Miftahudin • 11 Januari 2019 16:05
Jakarta: Bank Indonesia (BI) optimistis risiko inflasi di 2019 bisa dikendalikan. Bank sentral juga memperkirakan inflasi selama 2019 masih dalam sasaran kisaran 3,5 plus minus satu persen.

Kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, meski pemerintah melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) di tahun ini, pergerakan inflasi masih dalam perhitungan otoritas. Inflasi di 2019 dipastikan terjaga.

"Seandainya ada penyesuaian harga BBM domestik, itu pun masih calculated di dalam proyeksi kita yang berada di dalam mid (pertengahan) untuk target inflasi 2019," ujar Dody di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Begitu pula pada kenaikan harga tiket pesawat. Meski berpengaruh pada pergerakan inflasi, Dody yakin kenaikan harga tiket pesawat tak akan berdampak besar. "Itu dampak kepada inflasi, tapi tidak akan berdampak besar karena kenaikan inflasi sampai keluar dari range target kita," beber dia.

Harga tiket pesawat beberapa pesawat sudah mengalami kenaikan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tarif batas bawah tiket pesawat untuk penerbangan domestik mengalami kenaikan lima persen menjadi 35 persen dari tarif batas atas.

Beberapa maskapai penerbangan bahkan menghapus bagasi gratis, misalnya Lion Air. Maskapai penerbangan berlogo singa merah itu berencana menerapkan tarif bagasi sesuai berat bagasi penumpang, dari Rp155 ribu untuk bobot 5 kilogram hingga Rp930 ribu untuk 30 kilogram.

 


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi