Presiden Joko Widodo. FOTO: Medcom
Presiden Joko Widodo. FOTO: Medcom

Pidato Nota Keuangan RAPBN 2021

Live: Pemerintah Gelontorkan Rp14,4 Triliun Pulihkan Pariwisata

Ekonomi jokowi pariwisata pariwisata indonesia Ekonomi Indonesia Sidang Tahunan MPR RI 2020 Pidato Presiden
Annisa ayu artanti • 14 Agustus 2020 15:14
Jakarta: Pemerintah berencana membangun kembali sektor pariwisata yang merupakan sektor paling terdampak covid-19. Guna membangun kembali sektor itu, pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp14,4 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.
 
"Pembangunan pariwisata 2021 dianggarkan sekitar Rp14,4 triliun yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata," kata Presiden Joko Widodo, dalam Pidato Nota Keuangan 2020, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Dengan dana tersebut, Jokowi menjelaskan tahun depan pemerintah akan terus fokus melanjutkan pembangunan lima destinasi wisata, seperti wisata Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, pemerintah juga akan mengembangkan aspek 3A dalam menarik wisatawan domestik dan internasional untuk berkunjung. "(Pemerintah akan melakukan) pengembangan aspek 3A, atraksi, aksesibilitas, dan amenitas serta peningkatan pada 2P yaitu promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta," jelasnya.
 
Di sisi lain untuk partisipasi pelaku usaha, Jokowi melanjutkan pemerintah akan menarik minat pelaku usaha dengan cara pendekatan storynomics tourism yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan kekuatan budaya.
 
"Serta, pemanfaatan skema KPBU (Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha) dalam membangun pusat-pusat hiburan, seperti theme park yang akan menyerap banyak wisatawan," pungkasnya.

 
(ABD)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif