APBN topang daya beli masyarakat. Foto: Dok/Metro TV
APBN topang daya beli masyarakat. Foto: Dok/Metro TV

Pemerintah Pastikan APBN 2022 Topang Daya Beli Masyarakat

MetroTV • 30 Maret 2022 02:48
Jakarta: Pemerintah akan memanfaatkan APBN tahun 2022 untuk menopang daya beli masyarakat dan meredam inflasi. Anggaran ini juga dipastikan akan menurunkan gejolak harga yang dipicu ketidakpastian perekonomian global.
 
Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata memastikan APBN 2022 akan meredam dampak inflasi global yang merembet pada harga pangan dan energi. Menurut Isa, kenaikan harga minyak dunia membawa dampak positif bagi penerimaan negara, tetapi juga memberi tekanan pada aspek belanja karena membuat subsidi PBN membengkak.
 
Hingga saat ini konsumsi BPN diyakini akan terus meningkat seiring dengan tingginya mobilitas dan konsumsi masyarakat. Isa memastikan pemerintah masih mencermati lonjakan harga minyak dunia dan mempertimbangkan opsi antara mempertahankan atau menaikkan BBM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Nantinya menyesuaikan harga, memberikan tambahan bansos, penebalan berlinsos dan sebagainya bisa menjadi alternatif untuk menjaga keseimbangan daya beli masyarakat kita. Jika kita ingin mempertahankan harga bahan pokok dan energi saat ini, maka dampaknya kita harus memberi kompensasi pada badan usaha yang ditugaskan untuk menyelenggarakan pengadaan energi tersebut,” ujar Dirjen Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata dalam tayangan Zona Bisnis di Metro TV pada Selasa, 29 Maret 2020. (Leres Anbara)
 
(MBM)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif