Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/Bay ISMOYO
Ilustrasi. FOTO: AFP PHOTO/Bay ISMOYO

Kebijakan Bauran BI Dinilai Berhasil Bikin Rupiah Menguat

Ekonomi bank indonesia rupiah menguat
Nia Deviyana • 16 Januari 2020 18:12
Jakarta: Rupiah melanjutkan penguatannya pada penutupan perdagangan Kamis, 16 Januari 2020 dengan berada di level Rp 13.642 per USD. Melansir Bloomberg, data uang Garuda menguat 52,5 poin atau 0,38 persen dibandingkan pembukaan perdagangan di level Rp13.678 per USD.
 
Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai kebijakan bauran yang diterapkan Bank Indonesia (BI) pasca penandatanganan fase satu kesepakatan dagang AS-Tiongkok berhasil membawa berkah bagi pasar dalam negeri.
 
"Sehingga pasar kembali percaya dengan sendirinya, modal asing kembali masuk cukup deras mendukung penguatan rupiah," ujar Ibrahim pada catatan hariannya yang dikutip Medcom.id, Kamis, 16 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ibrahim melanjutkan, arus modal yang masuk akan tetap bertahan, karena saat ini kondisi fundamental ekonomi dalam negeri cukup stabil dibandingkan ekonomi negara lainnya.
 
Faktor lain, yang membuat arus modal cukup deras yakni perbedaan besaran suku bunga Indonesia dengan AS yang masih cukup besar. Suku bunga yang ditawarkan Indonesia juga masih lebih atraktif di mata investor bila dibandingkan dengan AS atau negara emerging market lainnya.
 
Berdasarkan ketentuan kesepakatan dagang pertama, AS mengurangi tarif USD120 miliar pada barang-barang Tiongkok menjadi 7,5 persen dari 15 persen. Sebagai gantinya, Tiongkok setuju untuk meningkatkan pembelian di AS sebesar USD200 miliar selama dua tahun ke depan dalam barang-barang manufaktur, pertanian, energi, dan jasa.
 
Dalam perdagangan besok, rupiah diprediksi kembali menguat karena dukungan data eksternal dan internal yang stabil dengan range Rp13.615-Rp13.690 per USD.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif