Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan para wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan para wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: MI/Ramdani

Wamen Diyakini Tak Bebani APBN

Ekonomi apbn Kabinet Jokowi-Maruf
Suci Sedya Utami • 27 Oktober 2019 02:57
Jakarta: Presiden Joko Widodo menunjuk 12 orang wakil menteri (wamen) dalam Kabinet Indonesia Maju. Direktur Anggaran Kementerian Keuangan Askolani menyebut adanya 12 wakil menteri tak terlalu membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
"Biaya (penambahan) tersebut tidak besar," kata Askolani kepada Medcom.id, Jakarta, Sabtu, 27 Oktober 2019.
 
Askolani memastikan tidak ada pos khusus untuk pengelokasian anggaran bagi wamen. Dia mengatakan anggaran untuk gaji serta tunjangan sama seperti yang tertera dalam pagu di masing-masing kementerian dan lembaga (K/L).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Askolani mengatakan susunan APBN tahun anggaran 2019 dan 2020 memang belum memasukkan keberadaan 12 wamen. Namun, ia menyebut hal itu bisa disiasati dengan menyisipkan anggaran di tiap kementerian dan lembaga yang punya struktur wamen tanpa merombak APBN.
 
"Bisa menggunakan pagu anggaran yang sudah ada di masing-masing kementerian atau lembaga," jelas dia.
 
Presiden Jokowi melantik 12 wakil menteri untuk membantu kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Jumlah wamen ini bertambah dari periode 2014-2019 yang hanya tiga orang.
 
Mahendra Siregar dipilih menjadi Wamen Luar Negeri, lalu Wamen Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Wamen Agama Zainut Tauhid, Wamen Keuangan Suahasil Nazara, Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Wamen PUPR John Wempi Wetipo.
 
Kemudian, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Wamen Desa PDT dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, Wamen Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra, Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmojo, dan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo.
 

 

(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif