Kesuksesan Ekonomi Indonesia Harus Diiringi SDM Kompeten
Tenaga kerja. Metrotvnews.com-M Rizal.
Jakarta: Ekonomi Indonesia harus dibarengi dengan produk dan kecerdasan manusia yang lebih tinggi di 2060. Jika tidak, Indonesia bisa tertinggal dengan yang lainnya. SDM Indonesia bisa mengalami risiko menjadi tua sebelum kaya.

"Jangan sampai 2060, produktivitas turun karena hedging dan lainnya. Kualitas dari manusia harus lebih baik, karena ada risiko tua sebelum kaya, mesti lebih cepat pertumbuhan ekonominya," ungkap Ekonom Senior Chatib Basri, ditemui di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Pada saat ini, Chatib menyatakan, pemerintah telah mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia, seperti yang telah dikatakan terus menerus oleh Presiden Jokowi. "Presiden sudah ngomong berapa kali human capital, agar bisa sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat," sebut dia.

Pria yang sempat menduduki kursi Menteri Keuangan di zaman SBY ini mengaku manusia dan sektor jasa harus ditingkatkan."Harus ada keseimbangan dengan peningkatan ekonomi dan sumber daya manusia," tutur dia.

Pada tahun ini, dia optimistis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Paling tidak, pencapaiannya berada di posisi 5,2 persen sampai 5,4 persen. Semua itu akan dibantu oleh harga komoditas batu bara yang telah melesat tajam dan angka ekspor yang membaik.

"Jadi sampai 5,2 persen sampai 5,4 persen untuk sampai akhir tahun ini. Saya masih optimistis dengan target itu, target yang telah ditetapkan oleh pemerintah," jelas Chatib.

Selain itu, ekonomi juga bakal didorong oleh pengeluaran Pilkada yang akan dikeluarkan oleh partai politik (parpol). Hal itu akan mendorong konsumsi masyarakat Indonesia.



(SAW)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id