Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.
Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.

BI Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Jadi 4,5-5,3% di 2022

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia Ekonomi Indonesia
Eko Nordiansyah • 19 April 2022 15:46
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 ini menjadi antara 4,5-5,3 persen. Proyeksi ini lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yang mencapai 4,7-5,5 persen.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan kinerja ekonomi akan dipengaruhi oleh volume ekspor yang tertahan seiring dengan rendahnya pertumbuhan ekonomi global dan perdagangan dunia akibat ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina.
 
"Perbaikan permintaan domestik ke depan juga akan terpengaruh baik karena tertahannya volume ekspor maupun kenaikan harga energi dan pangan global," kata dia dalam video conference, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, ia menyebut, perbaikan ekonomi domestik diperkirakan tetap berlangsung seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat. Apalagi sejumlah indikator ekonomi pada kuartal I-2022 ini masih menunjukan perbaikan.
 
"Hingga kuartal I-2022, perbaikan ekonomi terus berlanjut didukung oleh peningkatan konsumsi, investasi nonbangunan, dan kinerja ekspor sejalan dengan mobilitas penduduk dan aktivitas ekonomi yang membaik," ungkapnya.
 
Sementara itu, Perry mengungkapkan, sejumlah indikator dini pada Maret 2022, seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, dan PMI manufaktur mengindikasikan terus berlangsungnya pemulihan ekonomi domestik.
 
"Pertumbuhan ekonomi juga ditopang kinerja positif berbagai lapangan usaha, seperti industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi," ujar dia.
 
Secara spasial, perbaikan ekonomi ditopang terutama oleh akselerasi pertumbuhan ekonomi Jawa dan Bali Nusa Tenggara, disertai tetap baiknya kinerja ekonomi Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), Sumatra, dan Kalimantan.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif