Tiga Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta

Annisa ayu artanti 06 Desember 2018 12:10 WIB
bank indonesiaekonomi daerah
Tiga Penyumbang Terbesar Pertumbuhan Ekonomi DKI Jakarta
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Proyek infrastruktur di bidang transportasi yakni Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta selama 2018.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Trisno Nugroho mencatat pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan III-2018 mencapai 6,41 persen (yoy) atau lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan nasional yang sebesar 5,17 persen (yoy). Pertumbuhan itu tercapai karena masuknya investasi dalam jumlah besar ke DKI Jakarta.

"Relatif tingginya pertumbuhan ekonomi terutama ditopang oleh pertumbuhan pembentukan modal tetap bruto atau investasi, yang di antaranya disumbang oleh pembangunan infrastruktur transportasi, seperti MRT dan LRT," kata Trisno dalam acara pertemuan tahunan Bank Indonesia, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.

Selain itu, lanjut Trisno, pendorong pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta juga berasal dari perhelatan salah satu olahraga terbesar ASIAN Games 2018 di Jakarta-Palembang.

"Penyelenggaraan Asian Games juga memberikan dorongan tambahan terhadap kinerja ekonomi yang solid pada triwulan III-2018," sebut dia.

Sementara itu, untuk pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di 2018, Trisno memperkirakan akan terjaga pada kisaran 6-6,4 persen. Pertumbuhan ekonomi itu digerakkan oleh konsumsi dan investasi serta ekspor.

"Keseluruhan 2018 diperkirakan terjaga pada kisaran 6-6,4 persen," ujar dia.

Inflasi juga diprediksi akan terkendali. Ia menyebutkan, hingga November 2018, laju inflasi di DKI Jakarta tercatat sebesar 2,66 persen (ytd).

"Atas dasar ini, kami memprakirakan inflasi di Provinsi DKI Jakarta pada 2018 hingga 2019 akan sejalan dengan sasaran inflasi nasional," pungkas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id