Menko Darmin Yakin Pertumbuhan Investasi Capai 7%
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/BARY FATHAHILAH)
Jakarta: Pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini pertumbuhan investasi semester II-2018 akan kembali tumbuh sekitar tujuh persen. Adapun di kuartal II pada tahun ini pertumbuhan investasi sempat tumbuh melambat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi tercatat hanya 5,87 persen pada kuartal II. Padahal pada kuartal I-2018, investasi tumbuh mencapai 7,95 persen.

"Ya memang kuartal kemarin itu agak rendah ya sedikit di bawah enam (persen). Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya itu 7,95 persen. Ya, kita yakin akan kembali ke angka tujuh persen," kata Darmin, di Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Benteng, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Dirinya menambahkan minat investasi di Indonesia tetap tinggi terlihat dari ramainya pendaftaran melalui sistem Online Single Submission (OSS). Bahkan lounge OSS yang berada di kantor Kemenko Perekonomian selalu penuh hingga akhirnya dibatasi hanya 300 antrean per harinya.



"Banyak sekali kan orang kalian sendiri malah lihat. Kita kewalahan kemarin karenanya dibatasi 300 sehari padahal pukul 9 sudah habis. Yang saya bilang, sudah jangan dikasih batasan namanya orang investasi, jadi kita optimistis," jelas dia.

Selain itu, kondisi perpolitikan di Indonesia sudah lebih tenang setelah adanya kejelasan soal calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Penetapan capres-cawapres ini diharapkan berdampak positif bagi perekonomian.

Diketahui, dua pasangan capres-cawapres dipastikan akan bertarung dalam pesta demokrasi tahun depan. Keduanya adalah Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id