Ilustrasi - - Foto: Medcom
Ilustrasi - - Foto: Medcom

Pulihkan Ekonomi, RI Harus Berlomba dengan Negara Lain

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Kementerian Keuangan pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 17 November 2020 15:16
Jakarta: Indonesia dinilai sudah berada pada jalur yang tepat dalam upaya pemulihan ekonomi nasional. Hal ini tercermin dari kontraksi pertumbuhan ekonomi kuartal III-2020 yang minus 3,49 persen atau lebih rendah dari kuartal II sebesar minus 5,32 persen.
 
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan pemulihan ekonomi nasional diharapkan dapat berlanjut pada tahun depan. Jika tahun ini ekonomi diproyeksikan antara minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen, maka tahun depan bisa tumbuh sekitar lima persen.
 
"Kalau kita menuju path seperti ini kita satu perspektif. Yang perlu dipahami, kita berlomba-lomba dengan negara lain untuk menciptakanpath economy recoverytanpa meningkatkan kasus covid," katanya dalam webinar di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ada ketidakpastian yang harus diwaspadai dalam mendorong perbaikan ekonomi. Pasalnya, sejumlah negara di Eropa maupun Amerika Serikat (AS) tengah menghadapi ancaman gelombang kedua pandemi covid-19.
 
"Tentu ini kita tidak inginkan, tapi kita ingin tambahan yang terinfeksi berkurang dan ekonomi sama-sama berjalan. Tentu kita melihat beberapa indikator terjadi path torecoverytitiknya itu seperti titik pertumbuhan ekonomi dunia, ini juga kita di Indonesia mengikuti tren yang sama," ungkap dia.
 
Ia menambahkan upaya pemulihan ekonomi memang membutuhkan support dari semua faktor. Pemerintah pun tidak bisa hanya mengandalkan belanja negara untuk menopang pertumbuhan ekonomi, karena dibutuhkan dukungan dari sisi investasi maupun ekspor impor.

 
"Kita tidak mau pertumbuhan ekonominya stuck dan tidak bisa bergerak. Karena itu kita sudah perkirakan ini sejak awal 2020, jadi kita sudah perkirakan tekanan akan muncul. Dan ini kita yakini investasi ada tekanan, konsumsi, ekspor, impor seperti itu, maka konsumsi pemerintah harus menjadisupport," pungkasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif