Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Kemenkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: Dok. Kemenkeu

Sri Mulyani Ungkap Pembebasan Pajak Dividen untuk Tarik Investasi

Ekonomi perpajakan Sri Mulyani Omnibus Law
Eko Nordiansyah • 07 Oktober 2020 19:19
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan pembebasan pajak dividen dengan syarat tertentu. Ketentuan ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang baru saja disahkan setelah kesepakatan antara DPR dengan pemerintah.
 
Dalam Pasal 111 UU Cipta Kerja, terdapat pengecualian Pajak Penghasilan (PPh) atas dividen yang berasal dari dalam negeri yang diterima atau diperoleh wajib pajak orang pribadi dalam negeri sepanjang dividen tersebut diinvestasikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam jangka waktu tertentu, dan/atau badan dalam negeri.
 
"Apabila dia ditanamkan di Indonesia, dia tidak dipajaki. Jadi, tujuannya adalah agar kalau mereka dapat dividen dalam bentuk cash, yang kemudian masuk tetap berada di luar negeri dan tidak masuk ke indonesia," kata dia dalam video conference di Jakarta, Rabu, 7 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, dengan UU ini maka pemerintah mendorong supaya dividen yang diterima bisa masuk untuk investasi baru. Sementara apabila dana tersebut tidak diinvestasikan maka akan tetap dikenakan PPh sesuai dengan ketentuan yang ada.
 
"Ini tujuannya adalah untuk mendorong, mendukung, memberikan dukungan meng-encourage bagi para pemilik dana, agar dananya itu menjadi produktif dalam bentuk investasi," ungkapnya.
 
Kebijakan pembebasan PPh dividen berlaku bagi wajib pajak orang pribadi maupun badan yang mendapatkan dividen dari bentuk usaha tetap dari dalam maupun luar negeri. Adapun dividen dan penghasilan setelah pajak yang diinvestasikan tersebut paling sedikit 30 persen dari laba setelah pajak.
 
"Jadi ini menjadi ekosistem bersama, menjadi kemudahan berusahanya dilakukan, dananya asal untuk investasinya juga diberikan insentif. Kalau dia menanamkan modal, dia bebas pajak," pungkas dia.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif