Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi ekonomi Indonesia. Foto: MI/Galih Pradipta

Bank Dunia Prediksi Pemulihan Ekonomi RI Tidak Merata dan Labil

Ekonomi Bank Dunia Pertumbuhan Ekonomi virus corona Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 29 September 2020 11:14
Jakarta: Bank Dunia memperkirakan pemulihan ekonomi yang ada di Indonesia tidak merata dan tidak stabil. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah yang belum mampu mengendalikan pandemi covid-19, sehingga angkanya terus meningkat.
 
"Indonesia menghadapi prospek pemulihan ekonomi yang tidak merata dan tidak stabil," ujar Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Aaditya Mattoo dalam video conference di Jakarta, Selasa, 29 September 2020.
 
Dalam laporan terbaru Bank Dunia From Containment to Recovery, Indonesia dan Filipina dinilai menghadapi prospek yang tidak pasti. Dua negara terpadat di kawasan Asia Timur dan Pasifik setelah Tiongkok sejauh ini belum berhasil mengendalikan pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Indonesia belum memberlakukan lockdown yang ketat dan tampaknya mengandalkan tindakan yang lebih lunak. Sementara Filipina telah berulang kali melakukan lockdown dan pembukaan kembali yang ketat," ungkapnya.
 
Ia menambahkan, baik Indonesia maupun Filipina memiliki keunggulan populasi muda tetapi menghadapi tekanan dari sektor informal yang besar. Selain itu ada masalah kondisi kehidupan yang buruk untuk sebagian besar populasi mereka.
 
Menurutnya, Indonesia jauh lebih sedikit terpapar secara ekonomi dibandingkan Filipina ke seluruh dunia yang sangat bergantung melalui perdagangan, pariwisata, dan pengiriman uang. Sedangkan ekonomi Indonesia didominasi oleh faktor domestik dalam negeri.
 
"Oleh karena itu, output Indonesia diproyeksikan tidak terlalu terpengaruh dibandingkan Filipina, tetapi prospeknya tidak pasti," pungkas dia.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif