Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga

Jawaban Sri Mulyani Soal Gaji ke-13 PNS

Ekonomi pns Sri Mulyani
Eko Nordiansyah • 20 Juli 2020 18:36
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan jawaban soal kejelasan gaji ke-13 bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang hingga saat belum cair. Menurut dia, gaji ke-13 akan dicairkan dengan melihat eksekusi anggaran belanja pemerintah.
 
"Untuk gaji ke-13, kita melihat keseluruhan cara kita mengeksekusi (anggaran)," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin, 20 Juli 2020.
 
Sri Mulyani tak menjawab secara rinci kejelasan soal apakah gaji ke-13 bagi para PNS untuk tahun ini tetap ada atau tidak. Ia hanya menyebut bahwa pemerintah akan melakukan evaluasi anggaran secara menyeluruh sehingga dampaknya bisa maksimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam hal ini akan lakukan seluruh evaluasi bagaimana menggunakan anggaran negara semaksimal mungkin. Jadi nanti kita lihat gaji ke-13," ungkap dia.
 
Dalam kesempatan sebelumnya, Sri Mulyani juga tak menjawab secara rinci soal gaji ke-13 ini. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini hanya meminta kepada para PNS untuk bersabar.
 
"Sabar ya, nanti," jelas Sri Mulyani singkat usai rapat Banggar DPR RI, Rabu, 15 Juli 2020 lalu.
 
Pada April lalu, Sri Mulyani menyebut anggaran untuk gaji ke-13 maupun tunjangan hari raya (THR) sudah diajukan kepada Presiden Joko Widodo. Untuk THR, pemerintah telah memutuskan pemberian untuk PNS eselon III ke bawah.
 
THR hanya diberikan berdasarkan gaji pokok dan tunjangan melekat tanpa memperhitungkan tunjangan kinerja (tukin) para PNS. Hal ini mengingat pemerintah tengah melakukan penghematan anggaran dalam upaya penanganan pandemi covid-19.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif