Ilustrasi data pertumbuhan ekonomi - - Foto: Medcom
Ilustrasi data pertumbuhan ekonomi - - Foto: Medcom

Masih Berisiko di 2021, Pemerintah Tetap Optimistis Perang Lawan Covid-19

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi apbn pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 13 Oktober 2020 13:10
Jakarta: Pemerintah tetap optimistis ekonomi Indonesia bisa pulih tahun depan meskipun ketidakpastian pandemi covid-19 masih menjadi risiko besar dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.
 
"Dengan optimisme yang ada, kita berharap ada rebound, namun kita perlu hati-hati dengan risiko yang ada," kata Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Ubaidi Socheh Hamidi dalam seminar virtual di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia biasanya berada di level lima persen. Namun pandemi covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi dapat terkontraksi sebesar minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen di tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap pertumbuhan itu akan berada di kisaran lima persen dan sudah ditetapkan di dalam APBN 2021. Tapi memang ada beberapa risiko terutama karena pandemi masih tereskalasi, vaksin butuh waktu yang lebih lama untuk penyediaannya dan risiko ketidakpastian dari global dan geopolitik," jelas dia.

 
Meski begitu, optimisme tersebut muncul karena aktivitas pemulihan ekonomi mulai terlihat sejak semester II-2020. Selain itu, ada ekspektasi tentang berlanjutnya normalisasi serta dukungan stimulus di 2020.
 
Di sisi lain, inflasi jugadiperkirakan tetap terjaga. Kemudian tren harga komoditas juga diprediksi meningkat. Ditambah dengan perbaikan di pasar keuangan secara bertahap.
 
"Perdagangan internasional masih bergantung dari kondisi pandemi di level global. Kemudian kebijakan ekonomi global masih akomodatif baik fiskal maupun moneter, utamanya untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi," pungkasnya.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif