Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

Kemenkeu Belum Tetapkan Anggaran Dana Desa Tahun Depan

Ekonomi kementerian keuangan dana desa
Eko Nordiansyah • 19 Juli 2019 11:46
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum menetapkan pagu anggaran untuk dana desa tahun depan. Saat ini pembahasan anggaran masih dibahas antara Kemenkeu sebagai perwakilan pemerintah dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).
 
"Baru pembahasan pendahuluan di DPR, jadi belum membahas pagu," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti kepada Medcom.id di Jakarta, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Prima menambahkan pembahasan akan dilakukan setelah pembahasan anggaran dengan DPR. Sementara untuk program kerja yang ditargetkan dari penyaluran dana desa sudah disampaikan dalam rapat dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR beberapa waktu lalu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Baru pembahasan awal belum ke pagu. Program dan lain-lain sudah kami sampaikan dipembahasan awal (dengan Banggar DPR) secara garis besar," jelas dia.
 
Pemerintah sebelumnya berencana akan menyediakan anggaran sebesar Rp400 triliun untuk program dana desa selama lima tahun ke depan. Khusus untuk tahun depan, anggaran dana desa akan meningkat menjadi Rp75 triliun dari Rp70 triliun.
 
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengatakan penambahan anggaran ini tak lepas dari keberhasilan program dana desa selama periode pertama Joko Widodo memimpin Indonesia.
 
"Dari Rp257 triliun di periode pertama menjadi Rp400 trilun untuk lima tahun ke depan," kata Eko usai rapat terbatas mengenai pagu indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif