Pemerintah Percepat Pembebasan Lahan untuk Infrastruktur
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta: Pemerintah tengah mencari cara untuk mempercepat proses pembebasan lahan untuk mendukung pembangunan proyek infrastruktur. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mempercepat pembayaran melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).

"Kita melihat beberapa penggantian dari pembelian tanah untuk infrastruktur dan percepatannya untuk pembayaran dari LMAN," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, ditemui di Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 7 Mei 2018.

Dirinya menambahkan terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pemerintah dalam mempercepat pembayaran lahan. Misalnya saja dari sisi aturan, sertifikasi, hingga pemeriksaan dokumen sebagai syarat verifikasi di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Apakah dari sisi kelengkapan dokumen, proses verifikasi dengan BPK, dan bagaimana menghadapi terutama tanah-tanah yang sifatnya non konvensional seperti tanah wakaf. Itu yang dibahas dan cari cara supaya akselerasinya supaya bisa lebih baik," jelas dia.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution ini, pemerintah belum menetapkan yang akan diambil. Pasalnya pembahasan masih akan dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Selain Sri Mulyani, rapat juga diikuti oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, serta pejabat LMAN. Namun hingga rapat usai tak ada satupun pejabat yang bisa dimintai keterangan lebih lanjut.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id