Menkeu: Pajak jadi Tulang Punggung Negara
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat upacara Hari Pajak (Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan pajak merupakan tulang punggung negara. Pajak adalah instrumen yang penting dalam mencapai tujuan yang tertuang dalam UUD 1945 yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

"Apabila saya umpamakan negara ini adalah tubuh manusia maka pajak adalah tulang punggung yang bisa menopang tubuh agar bisa berdiri tegak. Sama halnya dengan tubuh apabila tidak dijaga bisa melumpuhkan sendi, maka pajak akan bisa membuat lumpuh negara," kata Ani, sapaan akrabnya, saat memperingati Hari Pajak, di Kantor DJP, Jakarta, Sabtu, 14 Juli 2018.

Saat ini, dirinya menambahkan, pajak menjadi sumber penerimaan utama yang menopang kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia menilai pajak memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kesinambungan NKRI. Bahkan, kontribusi penerimaan pajak terhadap pendapatan negara saat ini mencapai 83 persen.



Porsi tersebut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menilai, sangat besar. "Melihat angka yang besar tersebut bisa dibayangkan apa yang akan terjad kalau pajak tidak dijaga. Apa yang akan terjadi dengan tujuan untuk mengurang kemiskinan," tutur dia.

Lebih lanjut, dirinya meminta agar seluruh jajaran pegawai Direktorat Jenderal Pajak terus meningkatkan kinerja dalam memungut pajak di masa mendatang. Optimalisasi penerimaan pajak sangat penting dalam rangka mencapai sejumlah tujuan negara yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id