Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Pemerintah Susun Strategi Restart Perekonomian

Ekonomi ekonomi indonesia New Normal
Nur Azizah • 18 Mei 2020 18:19
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk membuat strategi khusus agar bisa memulai kembali perekonomian.
 
"Bapak presiden minta buat strategi khusus agar kita bisa restart perekonnomian," kata Airlangga, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 18 Mei 2020.
 
Airlangga menuturkan strategi ini akan mencakup kriteria dari kesiapan masing-masing daerah dari unit terkecil atau kabupaten kota. Kemudian, pemerintah akan mengevaluasi kesiapannya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan perhitungan kita ada yang namanya reproduction rate daripada penyakit atau infection dengan skala R0 dengan menghitung fungsi transmisi dan berdasarkan waktu," kata dia.
 
Menurut Airlangga, di beberapa daerah sudah menggunakan formulasi ini dan disiapkan oleh Bappenas. Bila R0 lebih besar dari satu, maka infeksi masih relatif tinggi dan apabila R0 kurang dari satu itu bisa dibuka untuk normal baru," jelasnya.
 
Kriteria reproduction rate untuk melihat perkembangan pandemi virus korona tipe baru di sejumlah daerah. Kriteria lainnya yang akan digunakan adalah kesiapan daerah. Penilaian kesiapan daerag dilakukan berdasarkan aspek epidemiologi, maupun kesiapan pemerintah daerah dan kedisiplinan masyarakat.
 
Nantinya, pemerintah pusat akan memberikan salah satu dari lima skor yang merepresentasikan kesiapan daerah untuk memasuki fase kehidupan baru. Kelima skor itu adalah level krisis, level parah, level substansial, level moderat, dan level rendah.
 
"Level pertama krisis atau belum siap. Level kedua juga belum siap. Level moderat di mana daerah bersiap untuk normal baru," ujarnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif