Wapres Jusuf Kalla. MI : Bary.
Wapres Jusuf Kalla. MI : Bary.

JK Ingin Alumni LPDP Tak Jadi PNS

Ekonomi lpdp
Eko Nordiansyah • 16 Maret 2019 14:00
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menginginkan para alumni yang telah selesai menerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mulai bekerja secara mandiri. Menurutnya, jangan sampai para penerima beasiswa justru berharap kerja di pemerintahan.
 
"Yang paling penting di pikiran Anda, jangan harap bekerja di pemerintahan dulu. Tapi berpikir bagaimana anda mempekerjakan orang bagaimana anda produktif, inovastif," kata dia dalam Sarasehan LPDP 2019 di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat malam, 15 Maret 2019.
 
Dirinya menambahkan, para alumni bisa mulai berwirausaha atau menjadi profesionalisme. JK menyebut, dua profesi ini yang sekarang sedang dibutuhkan oleh Indonesia agar bisa menjadi negara maju seperti negara lain.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tanpa kemampuan profesionalisme baik di bidang usaha serta profesionalisme dalam bekerja, maka negeri ini tidak akan maju cepat dibandingkan negara lain. Korea pada waktu itu habis perang kita lebih baik, tapi sekarang mereka lebih maju dari kita. Vietnam dan Thailand, kita pernah lebih maju tapi sekarang mereka kejar kita," jelas dia.
 
Menurut dia, para penerima beasiswa LPDP seharusnya bersyukur karena tidak mengharuskan pengabdian kepada pemberi beasiswa. Dirinya meminta hal ini memberi peluang bagi para alumni untuk mengembangkan sektor lainnya, dan membantu pemerintah dalam mendorong perekonomian.
 
"Oleh karena itu kami butuh generasi baru seperti Anda untuk membuka bidang usaha, untuk menicptakan lapangan kerja. Kita butuh pajak, pajak hanya muncul dari kemajuan ekonomi yang baik, kemajuan ekonomi yang baik hanya muncul dari usaha baik dan investasi baik, dan masyarakat yang kerja dengan sungguh-sungguh. Jadi yang kita butuh ialah suatu usaha bersama," pungkasnya.
 
Saat ini beasiswa LPDP sudah diberikan kepada 20.255 penerima (awardee) sejak 2013 lalu. Lembaga yang didirikan pada 30 Januari 2012 ini telah menghasilkan sebanyak 7.108 sudah selesai atau menjadi alumni, 9.881 yang sedang belajar, dan 3.266 dalam proses menunggu keberangkatan.
 
Adapun dana untuk pembiayaan program beasiswa LPDP saat ini sudah mencapai Rp46,117 triliun. Dana digunakan untuk beasiswa LPDP yang terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa afirmasi, beasiswa unggulan dosen Indonesia, dan dalam bentuk co-funding.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif