Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatii. Medcom/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawatii. Medcom/Eko Nordiansyah.

Menkeu Prediksi Ekonomi 2018 Tumbuh 5,15%

Ekonomi sri mulyani ekonomi indonesia
Ilham wibowo • 02 Januari 2019 22:41
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memprediksi pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,15 persen. Perkiraan pertumbuhan ekonomi di bawah target dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 5,4 persen.
 
"Angkanya terjaga di atas 5,15 persen atau kalau dibulatkan jadi 5,2 persen, didukung konsumsi pemerintah dan investasi," kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Dirinya menambahkan gejolak perekonomian global banyak memengaruhi kondisi ekonomi Indonesia. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi di atas lima persen lebih baik untuk menjaga momentum pertumbuhan yang cukup kuat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Namun ketidakpastian global yang meningkat berpengaruh ke permintaan ekonomi secara global. Bahkan proyeksi untuk 2018-2019 direvisi ke bawah, harga komoditas mengalami volatilitas dan cenderung melemah pada kuartal terakhir," jelas dia.
 
Sri Mulyani menyebutkan, konsumsi rumah tangga relatif terjaga dengan pertumbuhan di atas lima persen. Di samping itu, belanja pemerintah juga tetap mencatatkan pertumbuhan positif ditambah dengan investasi yang pertumbuhannya mencapai tujuh persen.
 
"Ini masih cukup baik sampai kuartal III maupun per kuartalnya. Ekspor juga cukup stabil, meskipun tidak sekuat seperti yang kita harapkan. Sementara impor stabil tapi lebih tinggi pertumbuhannya dibanding ekspor," pungkasnya.
 
Pertumbuhan impor yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekspor menyebabkan neraca perdagangan mencatatkan defisit USD7,52 miliar sampai dengan November 2018. Defisit disebabkan oleh defisit migas USD12,1 miliar meskipun nonmigas surplus USD4,6 miliar.
 

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif