Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

BI: Inflasi Inti Tak Terganggu di Ramadan

Ekonomi inflasi bank indonesia Ramadan 2019
Ilham wibowo • 03 Mei 2019 16:13
Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memperkirakan kenaikan harga yang akan terjadi menjelang Ramadan disebabkan oleh faktor musiman. Angka inflasi tahunan diprediksi masih tetap terkendali.
 
"Kami berpandangan bahwa inflasi yang terjadi April dan kemungkinan nanti juga di Mei itu lebih karena faktor-faktor musiman baik karena cuaca maupun juga nanti menjelang Ramadan," kata Perry di Kompleks perkantoran BI, Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Menurut Perry faktor musiman ini akan menjadi perhatian khusus terutama dalam menjaga nilai inflasi secara bulanan. Ia memastikan kenaikan harga yang terjadi juga bukan lantaran faktor fundamental.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melihat itu adalah faktor-faktor yang musiman lebih musiman bukan merupakan faktor yang fundamental, kalau dari sisi faktor fundamental itu kan kelihatan di inflasi intinya yang tetap rendah," ungkapnya.
 
Nilai inflasi 2019 secara keseluruhan bahkan diproyeksikan menurun pada angka 3,1 persen dari target semula 3,5 persen. Tim pengendali inflasi pusat akan terus berkoordinasi dengan tim di daerah dalam mencermati dan mewaspadai kenaikan harga pangan.
 
"Secara keseluruhan kami masih tetap berpandangan inflasi rendah dan terkendali, kami juga masih melihat proyeksi kedepan itu akan tetap rendah," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Perry menuturkan nilai inflasi April 2019 yang menyentuh 0,44 persen month to month meleset dari prediksi BI sebesar 0,37 persen month to month. Kondisi itu dipengaruhi kondisi cuaca uang turut berimbas pada hasil panen bahan dapur.
 
'Kalau di bahan makanan itu bawang merah, cabe merah yang memang kemarin karena cuaca itu faktor panennya mundur," pungkasnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif