Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto: MI/Erlangga

Sri Mulyani Minta Kemenkeu Mampu Hadapi Tantangan Transformasi Digital

Ekonomi Sri Mulyani Kementerian Keuangan transformasi digital pandemi covid-19
Eko Nordiansyah • 19 Oktober 2021 14:12
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bersiap menghadapi tantangan transformasi digital. Tak hanya beradaptasi dan mengadopsi teknologi digital, namun ia ingin Kemenkeu juga menciptakan inovasi dalam pelayanan publik.
 
Sri Mulyani juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya bahwa teknologi digital ini baru merupakan perubahan yang awal dan ke depan dalam waktu yang tidak terlalu lama perubahan ini akan terus berkembang. Oleh karena itu, seluruh cara kerja di Kemenkeu harus memanfaatkan teknologi digital.
 
"Sehingga cara kita bekerja di Kementerian Keuangan untuk menggunakan transformasi digital ini sebagai suatu cara untuk memperbaiki kerja dan kinerja kita termasuk pelayanan publik menjadi suatu keniscayaan," kata dia dalam webinar di Jakarta, Selasa, 19 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan hanya beradaptasi atau mengadopsi teknologi digital saja, ia berharap seluruh jajaran selain di internal Kemenkeu juga melakukan adopsi adaptasi teknologi digital ini. Dengan demikian, tak hanya Kemenkeu saja yang melakukan inovasi teknologi digital, tetapi seluruh kementerian/lembaga juga ikut terlibat.
 
"Namun kita juga akan menjadi negara yang mampu ikut berkontribusi dalam inovasi di dalam terus mengeksplorasi perubahan-perubahan akibat adanya dan penggunaan teknologi digital ini di berbagai segmen kehidupan masyarakat," ungkapnya.
 
Sri Mulyani menambahkan, saat ini tidak ada hal yang tidak tersentuh oleh teknologi digital kita mulai dari kehidupan sehari-hari, bahkan dalam hal bekerja. Apalagi pembatasan interaksi masyarakat secara fisik selama pandemi covid-19 juga memaksa semua orang bertransformasi memanfaatkan teknologi digital.
 
"Dengan pandemi ini kita dipaksa untuk bertransformasi, banyak dari kita yang bekerja di rumah melalui teknologi platform digital ini tetap bekerja. Meskipun tidak berada di kantor, flexible working hour dan bagaimana kita terus berinteraksi menjalankan tugas menggunakan infrastruktur digital ini," pungkas dia.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif