Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).
Ilustrasi. (Foto: Antara/Akbar Nugroho).

Kapan THR PNS dan Pensiunan Cair?

Ekonomi pns tunjangan hari raya
Suci Sedya Utami • 17 Mei 2018 15:12
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan pencairan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) akan dilakukan sebelum Idulfitri 1439 Hijriah.

Direktur Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan detail pencairan akan diatur dalam sebuah peraturan pemerintah (PP) yang saat ini dalam tahap teken menteri.

Askolani mengatakan setelah itu nantinya akan dibawa ke presiden dan diumumkan secara langsung oleh presiden.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Nanti diumumkan presiden seminggu lagi, atau kalau tidak ya dua minggu lagi, tapi sebelum Juni," kata Askolani di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Mei 2018. Baca: Mulai Tahun Ini PNS dan Pensiunan Dapat THR Lebih Besar

Ditemui di tempat yang sama, Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono mengatakan apabila peraturan tersebut telah dikeluarkan, maka akan ada aturan turunannya yang berupa peraturan menteri keuangan (PMK) sebagai petunjuk teknis pembayaran dari bendahara negara.

Dia bilang, pencairan THR sangat tergantung pengajuan surat perintah membayar (SPM) dari satuan kerja (satker) di masing-masing kementerian dan lembaga (K/L) pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) atau dalam kata lain tidak serentak.

"Kan prosesnya setiap satker mengajukan SPM. Pada saat mengajukan SPM kan diproses oleh KPPN. Nah jadi nanti disiapkan dulu, cepat tidaknya pembayaran tergantung satker cepat tidak mengajukan ke KPPN," jelas Marwanto.


(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi