Ekonomi Indonesia. Foto : MI.
Ekonomi Indonesia. Foto : MI.

Mendag Sebut 3 Hal Ini Bisa Bantu Capai Target Pertumbuhan Ekonomi

Annisa ayu artanti • 08 Juni 2022 18:26
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi menyebutkan ada tiga hal yang harus dipacu untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi 5,7 persen.
 
Pertama, terkait investasi. Lutfi mengatakan reformasi investasi tidak boleh berhenti karena investasi merupakan bagian utama dalam mencapai Growth Domestic Product (GDP). Ia mengatakan setidaknya komponen investasi dalam GDP harus naik menjadi 39 persen.
 
"Komponen investasi di dalam GDP kita musti naik dari hari ini 32 persen menjadi 39 persen. Artinya apa kita musti  buat iklim investasi kita selalu menjadi yang terbaik jadi reformasi tidak boleh berhenti," katanya Forum Diskusi Denpasar 12 DPP Partai NasDem, Rabu, 8 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua soal industrialisasi. Lutfi menilai kegiatan industrialisasi di Indonesia saat ini tidak jelek. Dalam komponen GDP, persentase industrialisasi sudah mencapai 21 hingga 22 persen. Namun ia mengatakan akan menggenjot lagi supaya tingkat industrialisasi bisa mencapai 29 persen pada 2045.
 
Lalu ketiga terkait ekspor dan impor. Lutfi juga membeberkan hari ini ekspor dan impor kita hanya sekitar 34 persen menjadi komponen dari capaian GDP. Meskipun capaian ekspor dan impor RI masih positif, kedepannya ia akan mendorong lagi kegiatan ekspor dan impor melalui kegiatan geostrategis.
 
Indonesia juga harus bisa memanfaatkan peluang dari permasalahan suplai dan demand global yang ada. Indonesia harus jeli untuk melihat peluang dari permasalahan suplai demand tersebut.
 
"Iya kita memang kita memang positif USD35 miliar tahun lalu tetapi sebenarnya kita musti memacu ekspor-impor kita ini menjadi sekitar 50 persen yang hari ini cuma 34 persen. Artinya kita musim maju geostrategis daripada perdagangan kita," tuturnya.
 
(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif