Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.
Ilustrasi. Foto : MI/MOHAMAD IRFAN.

Pengusaha Pesimistis Target Pertumbuhan Ekonomi 2019 Tercapai

Ekonomi ekonomi indonesia
Desi Angriani • 05 November 2019 14:46
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) pesimistis target pertumbuhan ekonomi 2019 mencapai target dalam APBN. Ekonomi RI diproyeksi hanya tumbuh lima persen sepanjang tahun ini.
 
"Melihat ya tahun ini pertumbuhan paling 5 koma nol something lah karena kita lihat emang perlambatan pertumbuhan dunia," ujar Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani ditemui di Hotel Kempinsky, Jakarta, 5 November 2019.
 
Rosan menjelaskan lesunya ekonomi dalam negeri dipengaruhi oleh perlambatan ekonomi global. Bahkan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia mengoreksi pertumbuhan ekonomi dunia menjadi tiga persen tahun ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, Indonesia tidak terdampak begitu besar seperti Singapura yang tumbuh hanya 0,1 persen. Begitu pula pertumbuhan ekonomi Inggris dan Eropa hanya tiga persen.
 
"Kita di satu sisi pada saat ekonomi dunia turun kita turunnya engga banyak. Tapi di satu sisi pada saat ekonomi meningkat kita meningkatnya juga enggak banyak," ungkap Rosan.
 
Karena itu, Kadin menyarankan agar pemerintah memperbaiki industri manufaktur Indonesia. Sebab, sektor ini menjadi bagian dari rantai pasok global yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi menjadi lebih tinggi.
 
"Negara lain yang merupakan bagian dari global value chain pasti meningkat lebih banyak gitu," pungkas dia.
 
Badan Pusat Statistik (BPS) sebelumnya mencatat ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 tumbuh sebesar 5,02 persen (yoy). Angka pertumbuhan ini melambat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya sebesar 5,05 persen (yoy), pun melambat ketimbang periode sama 2018 sebesar 5,17 persen (yoy).

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif