Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Anggaran Pengecatan Ulang Pesawat Kepresidenan Masuk Biaya Pemeliharaan Aset

Ekonomi pelanggaran imigrasi pesawat presiden Kementerian Keuangan
Eko Nordiansyah • 05 Agustus 2021 10:02
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan anggaran untuk pengecatan ulang pesawat kepresidenan ada dalam biaya pemeliharaan aset. Alokasi anggaran pemeliharaan aset ini ada di semua kementerian/lembaga setiap tahun.
 
"Tidak terkecuali Kementerian Sekretariat Negara yang mengelola pesawat kepresidenan," kata Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatawarta kepada Medcom.id, Kamis, 5 Agustus 2021.
 
Ia menyebut, biaya pemeliharaan ini dilakukan untuk menjaga agar aset yang dimiliki pemerintah bisa tetap berfungsi dengan baik. Meski begitu, Isa tak merinci detail anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pengecatan ulang pesawat kepresidenan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemeliharaan aset harus dilakukan untuk memastikan aset tetap berfungsi baik dan memiliki umur pemakaian yang sesuai dengan spesifikasinya. Biaya pemeliharaan aset sudah disediakan di masing-masing kementerian/lembaga," tegas dia.
 
Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono sebelumnya membantah pengecatan ulang pesawat kepresidenan tindakan berfoya-foya. Pengecatan sudah direncanakan sejak 2019.
 
"Perlu kami jelaskan bahwa alokasi untuk perawatan dan pengecatan sudah dialokasikan dalam APBN," ujar Heru saat dikonfirmasi, Selasa, 3 Agustus 2021.
 
Dia mengatakan pengecatan dan perawatan pesawat kepresidenan dilakukan di dalam negeri. Secara tidak langsung rencana ini mendukung industri penerbangan dalam negeri yang terdampak pandemi covid-19.
 
Dia memastikan pengecatan tak memengaruhi anggaran untuk menangani pandemi covid-19. Pemerintah, kata dia, telah melakukan refocusing anggaran pada APBN 2020 untuk penanganan covid-19.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif