BI: Indonesia Kini Diburu Investor Global
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Bank Indonesia)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai prospek investasi di Indonesia lebih menjanjikan ketimbang negara-negara berkembang lainnya. Kondisi tersebut membuat Indonesia diburu investor global untuk menanamkan investasinya.

"Indonesia dipandang memiliki prospek yang baik dibandingkan dengan sejumlah negara berkembang lainnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, di Kompleks BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 21 September 2018.

Menurut Perry kepercayaan investor global terhadap Indonesia lantaran langkah-langkah kebijakan yang diambil pemerintah dan bank sentral saat menghadapi tekanan risiko eksternal. BI mengeluarkan kebijakan-kebijakan moneter yang preemtif, pendalaman pasar valuta asing (valas), serta kebijakan fiskal yang pruden.

"Langkah-langkah konkret pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan juga dipandang langkah-langkah yang kredibel. Makanya kalau kita komunikasi kepada sejumlah investor besar, baik di Singapura, London, maupun New York, mereka percaya dengan ekonomi Indonesia itu kuat," tegasnya.

Di sisi lain, lanjut Perry, banyak eksportir dan pengusaha menjual valasnya ke pasar. Kondisi itu membuat pasokan valas melimpah. "Saya menyampaikan terima kasih kepada pengusaha yang memang terus menjual devisa hasil ekspornya ke pasar valas, baik dari eksportir maupun pengusaha," tukasnya.

Perry akan terus mengajak eksportir dan pengusaha untuk menjual valasnya. Dengan demikian, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diyakini akan semakin stabil. Menurutnya semua pihak harus bersama-sama menjaga stabilitas ekonomi sealan dengan kuatnya fundamental ekonomi dalam negeri.

"Ekonominya tumbuh, konsumsinya terus meningkat, investasi meningkat, perbankan juga baik, semuanya baik. Oleh karena itu tekanan-tekanan dari global ini memang kalau kita sikapi bersama baik dari BI, pemerintah, dan pengusaha, insyaallah itu akan semakin memperkuat stabilitas dan ekonomi kita ke depan," tutup Perry.



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id