Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. MI/Erlangga.
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. MI/Erlangga.

Menkeu Ajak Pemda Bersama-sama Hadapi Tantangan Global

Ekonomi ekonomi global
Eko Nordiansyah • 10 Desember 2018 14:19
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak pemerintah daerah (pemda) untuk bersama-sama menghadapi tantangan global. Di tengah situasi dunia yang masih penuh dengan tantangan, sinergi dibutuhkan antar pemerintah pusat dengan pemerintah daerah untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah daerah harus bersama-sama agar dampak negatif lingkungan global dikurangi. Caranya, gunakan seluruh resource untuk menciptakan imunisasi atau daya tahan dari guncangan dan perlemahan global," kata dia di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin, 10 Desember 2018.

Menurut dia, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bisa diarahkan untuk mendukung kesejahteraan, menciptakan kesempatan kerja, mengurangi kemiskunan, hingga menciptakan daya saing untuk menarik minat investasi. 
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dirinya menambahkan, dengan Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai USD1.000 triliun perlu dijaga dengan baik. Terlebih lagi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah akan menciptakan konektivitas antar daerah yang semakin kuat sehingga akan mendorong perekonomian lebih merata. "Selain APBN dan APBD, saya harap baik (pemerintah) pusat dan daerah berkerjasama untuk menciptakan iklim investasi. Perekonomian sudah jadi daya tarik, tetapi daya tarik tidak bisa diterjemahkan dalam bentuk investasi kalau tidak bekerja sama untuk menarik investasi," jelas dia.

Pemerintah daerah diminta untuk benar-benar berusaha menarik minat investor menanamkan modalnya. Syaratnya, lanjut Sri Mulyani, pemerintah di daerah harus menciptakan pemerintahan yang bersih, serta mempermudahkan pelayanan bagi investor untuk berinvestasi.

"Pemda harus bisa mempermudah peraturan, melayani masyarakat, tidak korupsi, transparan, itu semua tugas kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat publik. Kita punya tanggung jawab terhadap publik. Gunakan APBN dan APBD secara baik," pungkasnya.

 


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi