Sultan Gustaf Al Ghozali siap membayar pajak. FOTO: @Ghozali_Ghozalu.
Sultan Gustaf Al Ghozali siap membayar pajak. FOTO: @Ghozali_Ghozalu.

Aset NFT dan Digital Lain Wajib Dilaporkan di SPT, Bagaimana Pajaknya?

Ekonomi pajak Ditjen Pajak Ekonomi Digital penerimaan pajak Pajak Digital
Eko Nordiansyah • 17 Januari 2022 10:15
Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut aset berupa Non-Fungible Token (NFT) atau dalam bentuk digital lainnya wajib masuk Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Nilainya disesuaikan nilai pasar pada akhir tahun lalu.
 
"Aset NFT maupun aset digital lainnya wajib dilaporkan di SPT Tahunan dengan menggunakan nilai pasar pada 31 Desember pada tahun pajak tersebut," kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor, kepada Medcom.id, Senin, 17 Januari 2022.
 
Sampai dengan saat ini, ia menyebut, pengaturan perpajakan untuk transaksi NFT maupun kripto masih dalam pembahasan pemerintah. Pemerintah memang belum mengenakan pajak secara khusus terhadap transaksi digital tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Neilmaldrin menjelaskan, ketentuan umum aturan perpajakan tetap dapat digunakan untuk transaksi digital ini. Misalnya dengan menggunakan sistem self assessment sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh).
 
"Sebagaimana disebutkan dalam UU PPh, setiap tambahan kemampuan ekonomis dikenakan pajak. Hal itu termasuk transaksi yang sedang kita bahas ini maka tetap dikenakan pajak dengan sistem self assessment," ungkap dia.
 
DJP sebelumnya mengucapkan selamat kepada Sultan Gustaf Al Ghozali, mahasiswa yang viral usai menjual foto selfienya sebagai NFT sehingga meraup untung miliaran rupiah. Melalui akun Twitter @DitjenPajakRI, Ghozali diminta membayar pajak.
 
"Berikut link untuk mendaftarkan NPWP Anda: https://pajak.go.id/id. Cek link ini untuk informasi lebih lanjut tentang NPWP: https://pajak.go.id/index.php/id/syarat-pendaftaran-nomor-pokok-wajib-pajak-0," cuit @DitjenPajakRI dikutip dari Twitter.
 
"Jika Anda butuh bantuan, silakan bertanya @kring_pajak. Kami berharap Anda terus beruntung di masa depan," lanjut @DitjenPajakRI.
 
Menanggapi cuitan itu, Ghozali mengatakan bahwa momen ini menjadi pembayaran pajak pertama dalam hidupnya. Dia juga berjanji akan segera membayar pajak. "Tentu saja saya akan membayarnya (pajak), karena saya adalah warga Indonesia yang baik," jawab @Ghozali_Ghozalu.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif