Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Ekonomi RI Bisa Tertekan 0,29% Akibat Korona

Ekonomi Virus Korona ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 05 Februari 2020 12:08
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan penyebaran virus korona bakal memukul ekonomi Tiongkok di tahun ini. Akibatnya ekonomi Indonesia juga terancam bakal tertekan akibat penurunan ekonomi di Negara Tirai Bambu tersebut.
 
"Ekonomi Tiongkok diprediksi turun satu sampai dua persen. Ke Indonesia pengaruhnya 0,1 persen sampai 0,9 persen," kata dia di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Airlangga menambahkan dampak penyebaran virus korona yang paling nyata adalah penurunan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Pasalnya diperkirakan ada sekitar dua juta wisatawan asal Tiongkok yang biasanya datang ke Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi Indonesia berdampak turis karena Tiongkok ke Indonesia mencapai dua juta. Adanya travel warning, menyetop turis dari Tiongkok maka akan ada dampaknya. Hal ini kami akan evaluasi dua mingguan," jelas dia.
 
Indonesia menghentikan sementara kebijakan bebas visa bagi warga negara Tiongkok. Pemerintah juga meminta penerbangan langsung dari dan menuju Tiongkok ditunda sementara sejak Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB. Semua pendatang yang tiba dari Tiongkok untuk sementara tidak diizinkan masuk dan transit di Indonesia.
 
Sementara untuk industri, Airlangga mengaku industri otomotif tidak akan terganggu karena Tiongkok bukan sumber utama bahan baku industri di Indonesia. Sementara industri farmasi diprediksi akan sedikit terganggu.
 
"Yang terkena kemungkinan farmasi, industri bagian komponen ada di sana (Wuhan Tiongkok). Sekarang mereka relatif panjang liburnya sampai pertengahan Februari. Kita masih monitor perkembangan berikutnya karena value chain akan terganggu dan mereka menyetop produksi sementara," ungkapnya.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif