Infrastruktur Kunci Pertumbuhan Ekonomi Negara Berkembang
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (kiri) -- Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah
Nusa Dua: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai pembangunan infrastruktur dapat menghidupkan kembali pertumbuhan ekonomi negara berkembang dari ketidakpastian. Pasalnya, pembangunan infrastruktur merupakan salah satu kunci untuk mencapai pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"Sekarang pertanyaannya adalah mengapa infrastruktur? Pengeluaran infrastruktur akan meningkatkan ekonomi dasar-dasar negara-negara berkembang," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Conrad Hotel, Nusa Dua, Bali, Selasa 9 Oktober 2018.

Wimboh menambahkan pasang surut perkembangan ekonomi dunia tak terlepas dari perubahan pascakrisis keuangan 2008 lalu. Saat itu, banyak negara melakukan pelonggaran kebijakan moneter demi menopang perekonomian. Namun, kondisi tersebut kembali berubah manakala mereka kembali melakukan pengetatan kebijakan moneter.

"Seperti yang kita semua sadari, ini kemudian mengarah ke volatilitas global. Harga komoditas yang masih rendah mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara pengekspor komoditas diikombinasikan dengan normalisasi kebijakan moneter, yang kemudian memicu penyeimbangan kembali portofolio aliran modal," jelas dia.

Kondisi ini, lanjut Wimboh, menyebabkan lonjakan arus modal keluar atau capital outflow secara tiba-tiba dan tidak terhindarkan. Karenanya, membangun infrastruktur sangat penting agar berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dengan menarik investor.

Dengan pembangunan infrastruktur, arus barang dan jasa akan menjadi lebih efisien sehingga dapat menurunkan biaya ekonomi. Di sisi lain, pembangunan infrastruktur juga memberikan dampak lain terhadap perekonomian, seperti penyerapan tenaga kerja.

"Pengeluaran infrastruktur juga meningkatkan ekonomi berkelanjutan sehingga akan menciptakan sustainable development goals (SDG) bagi masyarakat. Pembangunan infrastruktur juga menyerap banyak pekerja. Semua ini menghasilkan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional," pungkasnya.

 



(Des)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id