Ilustrasi data perbaikan pertumbuhan ekonomi RI - - Foto: Medcom
Ilustrasi data perbaikan pertumbuhan ekonomi RI - - Foto: Medcom

Masih Dibayangi Ketidakpastian, Pemerintah Tetap Optimistis Ekonomi 2021 Pulih

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Kementerian Keuangan ekonomi dunia Pemulihan Ekonomi Nasional
Eko Nordiansyah • 08 April 2021 11:05
Jakarta: Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan menyebut pemulihan ekonomi 2021 tetap menunjukkan optimisme di tengah ketidakpastian yang masih menyelimuti dunia maupun domestik.

Kepala BKF Febrio Kacaribu mengatakan tren pemulihan ekonomi tahun ini diprediksi masih berlanjut lantaran didukung oleh berbagai program dan kebijakan pemerintah. Bahkan indikator pemulihan ekonomi sudah mulai terlihat sejak kuartal I-2021.
 
"Di sini kita melihat secara nyata bagaimana pemulihan ekonomi itu akan cukup kuat di 2021. Rangenya memang kita tetap pakai 4,5 persen sampai 5,3 persen. Ini mencerminkan ketidakpastian yang masih ada," katanya dalam webinar Indonesia Macroeconomic Update 2021 di Jakarta, Kamis, 8 April 2021.
 
Ia menyebut ketidakpastian pandemi covid-19 saat ini terjadi di banyak negara. Bahkan beberapa negara harus melakukan lockdown akibat adanya kenaikan kasus covid-19. Sementara di Indonesia, perkembangan kasus covid-19 justru turun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak negara harus lebih disiplin, Indonesia cukup disiplin karena tidak ada kenaikan kasus, dari kasus per hari maupun konteks vaksinasi. Sehingga kita optimistis di 2021 walaupun di tengah ketidakpastian," ungkapnya.
 
Pada awal tahun ini, indeks manufaktur Indonesia mengalami kenaikan signifikan. Perbaikan ini tentu perlu didukung oleh perbaikan dari sisi konsumsi dan investasi. Oleh karena itu, ia berharap kolaborasi berbagai pihak untuk tetap menjaga momentum ini.
 
"Kita sudah terjadi perekonomian kita kontraksinya, tapi kita akan pulih cukup kuat juga. Jadi ini membutuhkan kerja sama luar biasa dari semua pihak. Kalau kita lihat yang menjadi kebijakan strategis dari fiskal, Indonesia tetap waspada dan optimistis pandemi bisa dikendalikan," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif