Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Pekan Ketiga Juli, BI Catat Inflasi 0,2%

Ekonomi inflasi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 19 Juli 2019 15:56
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat inflasi sampai dengan pekan ketiga Juli 2019 sebesar 0,2 persen secara month to month (mtm) dan 3,2 persen secara year on year (yoy). Hal ini berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan bank sentral.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan beberapa komoditas menyebabkan inflasi pada bulan ini. Salah satunya adalah kenaikan harga cabai, baik cabai merah maupun cabai rawit pada beberapa waktu terakhir.
 
"Inflasi tercatat di beberapa komoditas cabai merah relatif besar, sumbangannya 0,15 persen dengan cabai rawit 0,1 persen, emas perhiasan 0,04 persen," kata Perry, di Kompleks Perkatoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian, ada beberapa komoditas yang menyumbang deflasi karena mengalami penurunan harga. Misalnya untuk tarif angkutan antar kota, bawang merah, dan daging ayam ras yang tercatat deflasi.
 
"Beberapa komoditas juga turun, seperti tarif angkutan antarkota masih turun 0,08 persen, bawang merah turun 0,05 persen, dan daging ayam ras 0,03 persen," jelas dia.
 
Dirinya meyakini, inflasi pada bulan ini tetap rendah jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya. Perry menyebut secara musiman Ramadan dan Idulfitri mendorong inflasi pada Mei dan Juni tahun ini.
 
"Tapi mulai Juli sudah turun kembali rendah, normal. Insyallah akhir tahun inflasi di bawah 3,5 persen, di bawah titik tengah sasaran," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif