Gaji ke-13 cuma untuk PNS eselon III ke bawah. Foto: MI/Ramdani
Gaji ke-13 cuma untuk PNS eselon III ke bawah. Foto: MI/Ramdani

Gaji ke-13 Cuma untuk Eselon III ke Bawah

Ekonomi pns Sri Mulyani
Eko Nordiansyah • 21 Juli 2020 13:35
Jakarta: Pemerintah akan menyalurkan gaji ke-13 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan pada Agustus 2020. Meski demikian, pembayaran gaji ke-13 tidak diperuntukan bagi semua tingkatan, hanya PNS golongan tertentu saja.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kebijakan gaji ke-13 sama seperti Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei lalu. Artinya pembayaran gaji ke-13 hanya untuk PNS setingkat eselon III ke bawah, termasuk anggota TNI/Polri.
 
"Yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I, eslon II dan pejabat setingkat mereka. Namun gaji ke-13 diberikan kepada seluruh PNS, TNI/Polri yang berada tidak masuk dalam kategori tersebut," kata dia dalam video conference di Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun pemerintah menyiapkan Rp28,5 triliun dengan rincian gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji bagi para PNS sebesar Rp6,73 triliun, pensiunan sebesar Rp7,86 triliun, dan pembayaran gaji ke-13 bagi pada PNS di daerah melalui APBD sebesar Rp13,89 triliun.
 
Selama ini gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas PP 19/2006 tentang Pemberian Gaji, Pensiunan, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiunan atau Tunjangan, serta PP 38/2019 tentang Perubahan atas PP 24-2017 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non-PNS pada Lembaga Non Struktural.
 
"Oleh karena itu, pelaksanaan kebijakan gaji ke-13 tahun 2020 akan dilakukan dengan melakukan perubahan pada dua PP tersebut diakibatkan karena yang menerima untuk gaji ke-13 adalah mereka di bawah level pejabat negara, eselon I, eselon II dan setingkat," jelas dia.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif