Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Medcom/ Desi Angriani

Jaga Daya Beli, Pemerintah Tambah Tunjangan Kartu Sembako Rp4,56 Triliun

Ekonomi kementerian keuangan sembako daya beli masyarakat
Suci Sedya Utami, Nur Azizah • 25 Februari 2020 21:38
Jakarta: Pemerintah menaikkan besaran tunjangan kartu sembako sebesar 30 persen atau senilai Rp50 ribu bagi 15,2 juta penerima manfaat. Total anggaran yang digelontorkan pemerintah mencapai Rp4,56 triliun.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kenaikan tersebut merupakan insentif yang diberikan pemerintah demi menjaga daya beli masyarakat di tengah pelemahan ekonomi global serta ancaman virus korona.
 
"Jadi dari Rp150 ribu naik 30 persen menjadi Rp200 ribu per kelompok penerima manfaat," kata Ani di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan penerima manfaat adalah 30 persen masyarakat yang masuk dalam kategori golongan terbawah. Dana tersebut akan langsung digunakan untuk belanja yang bersifat produktif dalam enam bulan ke depan.
 
"Pada Maret mereka langsung mendapat kenaikan dari Rp150 ribu jadi Rp200 ribu, kita berharap ini akan mendorong konsumsi rumah tangga dan kemudian multiplier-nya terhadap perekonomian," jelas Ani.
 
Sebelumnya pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan turun 0,09 persen akibat penyebaran virus korona atau COVID-19. Potensi perlambatan itu seiring terpangkasnya ekonomi Tiongkok sebesar satu persen tahun ini.
 
Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal Hastiadi mengatakan setiap satu persen pertumbuhan ekonomi di Tiongkok akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia paling kecil sebesar 0,09 persen, dan maksimal 0,1 persen hingga 0,15 persen.

 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif